Photo by Aaron Burden on Unsplash

Nilai Sebuah Ide

Diposting pada

Sebenarnya berapa besar nilai sebuah ide (Valuasi Ide)..??

Banyak yang berpendapat bahwa ide itu murah eksekusinya yang mahal…

Rasanya saya kurang sependapat dengan hal tersebut, saya masih punya keyakinan bahwa ide itu mahal, karena ide adalah sebuah cikal bakal dari sebuah produk. Walaupun ide itu sangat sederhana  tapi akan bisa jadi sangat berharga apabila di eksekusi dengan sangat baik. Tapi tanpa sebuah ide tidak ada apapun yang bisa di eksekusi/dijalankan. Bahkan usaha atau produk yang sudah ada pun tidak akan menjadi lebih baik tanpa ada ide lanjutan, itulah sebabnya ada departemen yang namanya riset dan pengembangan produk (R & D; Business Development).

Banyak perusahaan digital yang awalnya berdiri dari sebuah ide dan akhirnya menjadi besar, tapi tidak sedikit juga perusahaan yang sudah mendapatkan investor dan sudah running tapi akhirnya harus tutup atau merger dengan perusahaan lain (mungkin hanya 10% startup yang dibiayai oleh sebuah Ventures Capital/VC bisa menjadi sukses). Hal ini terjadi karena tidak adanya persepsi yang sama dalam mengembangkan ide awalnya atau mungkin juga menyimpang jauh dari ide awal karena sudah semakin banyak orang yang memikirkannya sehingga tujuan awal bisa menjadi bias dan banyak kepentingan yang masuk.

Saya percaya ide yang sederhana bisa menjadi sangat luar biasa, dan saya yakin bahwa semua orang pasti mempunyai ide untuk berkembang di perusahaan mereka bekerja, hanya saja apakah perusahaan sudah memberikan wadah yang layak untuk menerima dan melakukan validasi atas ide-ide tersebut. Bahkan saya berencana menjual ide saya untuk perusahaan digital yang bergerak di bidang e-commerce atau e-wallet yang ada saat ini. Potensi yang akan saya kejar adalah pengguna pasif yang saat ini masih mempunyai saldo minimal yang mengendap. Sehingga saldo yang selama ini mengendap akan bisa menjadi profit saldo yang menarik user untuk menambah (top up) saldonya. Otomatis akan menjadikan user pasif menjadi aktif.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *